Berita Internal

Tim Semar UGM Kembali Menampakkan Taringnya di IEMC 2013




Tim SEMAR UGM Meraih Prestasi di IEMC 2013


YOGYAKARTA - Tim SEMAR Universitas Gadjah Mada berhasil meraih prestasi dalam Indonesia Energy Marathon Challenge 2013 (IEMC 2013). Kompetisi IEMC 2013, yang mengusung konsep kendaraan hemat energi, diselenggarakan oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember, bekerja sama dengan DIKTI. IEMC 2013 dilaksanakan di Kenjeran Sirkuit Park, 14-17 November 2013.


Pada IEMC 2013, Tim SEMAR telah menurunkan dua mobil untuk kategori Prototype Gasoline, dan Urban Concept Diesel. Pada kelas Prototype, mobil menyerupai streamliner beroda tiga untuk mendorong performa aerodinamis, dan menggunakan mesin berbahan bakar bensin, dan pada kelas Urban Concept, mobil harus memiliki nilai dan fungsi ergonomis layaknya mobil produksi massal, dan bentuknya menyerupai mobil perkotaan pada umumnya.


SEMAR Prototype telah menerapkan banyak inovasi baru, diantara lain adalah penggunaan sistem monocoque dengan material carbon fiber pada bodi agar tidak perlu menggunakan rangka, ringan, dan kuat. Guna memanfaatkan ruang cockpit yang sempit, sistem kemudi menggunakan kakipun di aplikasikan agar pandangan driver lebih luas. Sedangkan penggerak utama dari kendaraan ini adalah mesin dengan kapasitas silinder 80cc yang merupakan inovasi dan desain dari tim.


Sama halnya dengan Prototype, mobil SEMAR Urban Concept yang menggunakan mesin diesel tahun ini juga menggunakan inovasi-inovasi baru. Desain terbaru dari kendaraan ini sangat memperhitungkan nilai aerodinamis dan sangat futuristis, sehingga selain aerodinamis juga indah dipandang. Mobil Urban juga menggunakan sistem monocoque dan menggunakan material carbon fiber agar mobil ringan dan kuat. Mobil ini menggunakan mesin berbahan bakar diesel berkapasitas 220cc yang telah di modifikasi agar memiliki efisiensi yang tinggi.


Dalam IEMC tahun ini, sekali lagi Tim SEMAR UGM tidak pulang dengan tangan kosong, mobil SEMAR Urban Concept telah meraih juara 2 di kelas Urban Diesel dengan mencatat konsumsi bahan bakar sebanyak 111.8 km/l yang merupakan rekor tertinggi untuk mobil SEMAR Urban Concept. Mobil SEMAR Prototype pun berhasil berdiri di peringkat ketiga dengan perolehan konsumsi bahan bakar sebanyak 303.7 km/l yang juga merupakan rekor tertinggi untuk mobil SEMAR Prototype sepanjang waktu. Selain itu, terdapat juga off-track awards pada kompetisi IEMC 2013, dan Tim SEMAR UGM berhasil meraih Best Video Profile. Kedua mobil dari SEMAR pun menjadi nominasi kategori Best Design yang menilai mobil-mobil peserta dari segi desain dan ke-ergonomisan serta ke-praktisan mobil.

Tim SEMAR-UGM

this bar save lives this bar save lives this bar save lives this bar save lives this bar save lives
×
×

Contact Us

hello@thisbarsaveslives.com