Berita Internal

Tim Roboboat Kapal Kembali Meraih Prestasi di Kancah Nasional




JAYAMAHE ROBOBOAT FUEL ENGINE TEAM UNIVERSITAS GADJAH MADA


JAYAMAHE adalah tim robot kapal fuel engine (berbahan bakar) Universitas Gadjah Mada yang terdiri dari kumpulan mahasiswa Program Studi Teknik Mesin, Diploma Teknik Elektro, dan Diploma Elektronika dan Instrumentasi.


JAYAMAHE baru saja keluar sebagai juara I tingkat nasional pada Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional 2013 (Roboboat 2013). Kontes rancang bangun kapal ini diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Indonesia di Pantai Camplong, Sampang, Madura pada 25-26 Nopember 2013 lalu. Setelah melewati seleksi pra-lomba melalui pengajuan proposal rancangan kapal, pada babak final JAYAMAHE berhasil menyisihkan puluhan tim dari perguruan tinggi seluruh Indonesia, seperti Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, dan Politeknik Negeri Bengkalis.


Kapal cepat tanpa awak berbahan bakar bensin ini dikendalikan oleh modul remote control yang menggerakkan tuas gas dan haluan kapal. Dengan mesin (special engine) 26 cc dan bentuk lambung kapal V (monohull) yang telah dimodifikasi, kapal ini mampu melaju dengan kecepatan tinggi dan melakukan putaran haluan hingga 360o pada satu titik. Keunggulan inilah yang membuat JAYAMAHE meraih poin sempurna untuk uji speed dan uji maneuver pada KKCTBN 2013 lalu.


Prospek kapal cepat tanpa awak ini sangat menjanjikan. Tak hanya ditujukan untuk mengikuti kontes, kapal ini juga dapat dikembangkan untuk membantu kepentingan kemiliteran. Misalnya, Angkatan Laut tidak perlu lagi menurunkan awak kapal untuk berpatroli di daerah perbatasan, melainkan hanya dikendalikan melalui remote control dari basecamp yang tentu saja akan memangkas biaya operasional secara signifikan.


SAFINAH.ONE ROBOBOAT AUTONOMOUS TEAM UNIVERSITAS GADJAH MADA


Pada Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional 2013, Teknik Mesin UGM juga mengirimkan delegasi pada kategori autonomous yang berhasil meraih juara ketiga nasional. Roboboat 2013 kategori autonomous adalah kapal cepat dengan sistem autonomous, atau lebih sering disebut Autonomous Surface Vehicle (ASV), yaitu sebuah kapal yang dapat melakukan tugas-tugas yang kompleks tanpa melibatkan interaksi dengan manusia/pengendali. Pada kapal Autonomous ini daya kreasi mahasiswa dalam lomba tidak hanya mencakup desain badan kapal yang baik, tetapi juga mencakup perencanaan sistem penggerak dan sistem navigasi yang handal. Kebutuhan tentang sistem navigasi tersebut mensyaratkan tentang kebutuhan otomasi, dengan memperhatikan keselarasan faktor teknis lainnya (engine matcing).


SAFINAH.ONE menggunakan dua lambung yang hidrodinamis. Untuk pemilihan desain lambung kapal, digunakan desain lambung katamaran simetris agar kapal tetap stabil saat melakukan manuver. Selain itu, dengan menggunakan desain lambung kapal katamaran simetris, dapat mengurangi tahanan gelombang (wave making resistance) sehingga bisa di dapat kecepatan yang optimal dengan efisiensi gerak yang lebih tinggi. SAFINAH.ONE menggunakan sensor-sensor pendukung untuk bermanuver agar dapat memperoleh finish dengan melewati semua rintangan. Untuk penggerak kapal berada di buritan kapal sehingga kapal tetap terlihat hebat.


Karya mahasiswa satu ini memiliki prospek yang sangat menjanjikan. Kapal autonomous dapat difungsikan sebagai kapal mata-mata (spy) dalam kemiliteran, studi kelautan, penjaga perbatasan, dan lain sebagainya.

Sumber:Roboboat UGM

this bar save lives this bar save lives this bar save lives this bar save lives this bar save lives
×
×

Contact Us

hello@thisbarsaveslives.com