Berita Internal

14 PTN Beradu Mobil Listrik di Ajang IEVC




(8/7) Kondisi Boulevard Universitas Gadjah Mada tampak ramai. Jalanan depan tertutup dengan kantong pasir yang membentuk sirkuit balap. Terdengar juga suara gemuruh dan keramaian dari tenda-tenda di sebelah timur gedung kebudayaan Koesnadi Hardjasoemantri. Di hari itulah untuk yang kedua kalinya IEVC atau Indonesian Electric Vehicle Competition digelar.


IEVC adalah sebuah acara tahunan yang diselenggarakan oleh Program Studi Teknik Mesin Universitas Gadjah Mada. Di tahun yang kedua ini IEVC kembali hadir untuk memuaskan kreatifitas mahasiswa teknik mesin untuk berkarya di bidang mobil listrik. Ajang ini terbagi menjadi dua perlombaan, yakni balapan drag race, dimana mobil berpacu pada lintasan lurus; dan time attack dimana mobil peserta diharuskan memutari lintasan melawan waktu.


Tim yang berpartisipasi pun bervariasi. Mahasiswa dari 14 Perguruan Tinggi Negeri turut serta memeriahkan dan memamerkan kemampuan mereka. Mulai dari Tim NGEREBES Universitas Bangka Belitung, Tim Synergy Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, PNJ Jampang Team Politeknik Negeri Jakarta, Tim RAHWANA dan TPOP Politeknik Negeri Bandung, Tim Green Fast Politeknik Negeri Semarang, Tim Jalak Harupat Universitas Pasundan, Tim Mandalika Universitas Mataram, Tim Mandala, tim Unyil dan tim Alive dari Universitas Negeri Yogyakarta, Tim HMTM STTNAS Sekolah Tinggi Teknik Nasional Yogyakarta, dan Tim Arjuna dari tuan rumah, Universitas Gadjah Mada.


Kedua tahap IEVC tahun ini dapat berjalan lancar dan meriah. Walaupun terdapat beberapa kendala teknis yang dihadapi oleh tim-tim peserta, namun dengan semangat dan keteguhan yang tinggi, semua kendala dapat diatasi hingga penghujung kompetisi. Pada akhirnya, tim Jalak Harupat dari Universitas Pasundan Bandung pun meraih juara pertama, diikuti oleh Politeknik Bandung di posisi kedua, dan Politeknik Negeri Semarang meraih posisi ketiga.


Propulsi KMTM UGM


this bar save lives this bar save lives this bar save lives this bar save lives this bar save lives
×
×

Contact Us

hello@thisbarsaveslives.com