SEMINAR NASIONAL THERMOFLUID V 2013



Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada mengadakan seminar nasional yang bertajuk Thermofluid V. Seminar nasional ini menghadirkan special lecturer yaitu Dr. Keiichi N. Ishihara dari Kyoto University Jepang serta Ir. Siti Syamsiah Ph.D dari Teknik Kimia FT-UGM. Fokus utama seminar ini adalah di bidang Thermodinamika dan Mekanika Fluida, dengan topik yaitu: Internal Combustion Engines, Heat-Mass Transfer, Energy dan Renewable Energy, Thermodynamics, fluid Mechanics, Multiphase Flow, serta Turbulent Flow


Penyelenggaraan seminar ini dilatarbelakangi oleh situasi industri saat ini yang sebagian besar telah memanfaatkan ilmu-ilmu thermal dan fluida secara parsial bahkan keseluruhan dalam proses industrinya mulai dari industri pangan, otomotif, sampai pertambangan. Persaingan industri yang semakin ketat mendorong para engineer dan ilmuwan harus bekerja ekstra untuk menyelesaikan permasalahan gabungan antara thermal dan fluida yang semakin komplek. Terlebih, Indonesia merupakan sebuah negara berkembang yang memiliki perkembangan industri yang cukup pesat, sehingga tidak lepas dari permasalahan thermal dan fluida tersebut.


Ketua panitia, M. Agung Bramantya, S.T., M.T., M.Eng., Ph.D. mengatakan bahwa seminar ini dilaksanakan agar dapat menjadi wahana pertukaran informasi bagi para ilmuwan, akademisi dan engineer tentang hasil-hasil penelitian terbaru, pengalaman operasional, metoda, solusi permasalahan dan tantangan praktis masa depan di bidang thermal dan fluida.


Seminar Nasional Thermofluid V yang dilaksanakan di Gedung KPFT (Kantor Pusat Fakultas Teknik) Universitas Gadjah Mada dibuka oleh Dekan Fakultas Teknik UGM, Prof. Ir. Panut Mulyono M.Eng D.Eng serta diikuti oleh 60 peserta diantaranya 42 peserta pemakalah dan 18 peserta non pemakalah dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Seminar ini juga dapat terlaksana berkat dukungan dari Pertamina Lubricants dan Pertamina Refinery Unit VI Balongan.

this bar save lives this bar save lives this bar save lives this bar save lives this bar save lives
×
×

Contact Us

hello@thisbarsaveslives.com