Pendaftaran



Sistem penerimaan mahasiswa baru mengikuti standar penerimaan mahasiswa baru pascasarjana UGM dengan persyaratan masuk tidak hanya persyaratan akademik, tetapi juga termasuk persyaratan Bahasa Inggris dan potensi akademik. Informasi tentang rekruitmen mahasiswa baru disampaikan melalui media internet, leaflet, dan poster. Informasi tentang rekruitmen dan penerimaan calon mahasiswa melalui internet dapat dilakukan melalui http://www.um.ugm.ac.id. Secara umum kriteria seleksi calon mahasiswa berdasarkan transkrip pendidikan S1, hasil tes masuk, rekomendasi, dukungan finansial, kemampuan bahasa inggris, dan potensi akademiknya.

Adapun persyaratan pendaftar S2 Teknik Industri adalah sebagai berikut:

  1. Sarjana S1 dari perguruan tinggi yang telah memperoleh Akreditasi oleh BAN-PT.
  2. Berlatar belakang dari disiplin ilmu teknik industri atau disiplin ilmu lain yang berkaitan.
  3. Telah memenuhi memenuhi persyaratan akademis untuk mengikuti program S2 Teknik Industri. Persyaratan untuk nilai Tes Potensi Akademik (TPA) adalah minimal 500. Persyaratan untuk nilai Test of English as a Foreign Language (TOEFL) adalah minimal 450.
  4. Dibebastugaskan dari tugas pokok bagi yang sudah bekerja (untuk memenuhi syarat residensi).


PROSEDUR PENDAFTARAN


Pendaftaran dapat dilakukan dengan mengisi formulir di Pascasarjana UGM, atau melalui internet (online) di daa.ugm.ac.id/daftar atau um.pasca.ugm.ac.id. calon mahasiswa yang berminat mendaftar terlebih dahulu membayar biaya pendaftaran ke Bank yang ditunjuk, kemudian pendaftar akan mendapatkan password untuk mengisi formulir pendaftaran online yang dapat dibuka di prosedur pendaftaran Pasca Sarjana di http://www.um.ugm.ac.id.

Selanjutnya peserta diwajibkan mengirimkan :

  1. Salinan ijazah dan transkip akademik S1 yang telah dilegalisir.
  2. Surat rekomendasi dari 2 orang atau pihak yang mengetahui kemampuan akademik calon.
  3. Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program S2 yang berisi alasan, harapan, dan rencana setelah selesai kuliah S2.
  4. Surat ijin dari instansi/lembaga tempat bekerja bagi calon yang sudah bekerja.
  5. Sirat keterangan jaminan pembayaran dari instansi atau surat keterangan kesanggupan biaya sendiri (bermaterai).
  6. Salinan TOEFL Internasional/PPB UGM score minimal 450 dan score Test Potensi Akademik (TPA) minimal 500.
  7. Pendaftar yang belum memenuhi syarat TOEFL dan TPA dapat melampirkan formulir pernyataan bermaterai yang dapat didownload pada alamat internet pendaftaran yang tersedia.
  8. Surat keterangan sehat dari dokter.
  9. Bukti pembayaran biaya administrasi sebesar Rp 500.000,00 yang dibayarkan lewat rekening Rektor UGM No. 00.392.338.94 pada BNI Cabang UGM.


UJIAN MASUK

Peserta Program Pascasarjana Teknik Industri disyaratkan telah lulus Sarjana bidang Teknik, Ekonomi, Teknologi Pertanian, atau MIPA.

Materi ujian masuk terdiri dari: Matematika (Umum), Statistika, Operasional Riset, Manajemen, Sistem Manufaktur, dan Ergonomi.



WAKTU PENDAFTARAN DAN UJIAN

Gelombang I (Khusus Pelamar BPPS)

Pendaftaran : tanggal 27 Desember sampai 21 April 2011

Ujian gelombang I : Sabtu,minggu terakhir bulan Mei


Gelobang II (Pelamar Umum)

Pendaftaran : tanggal 22 April sampai 1 Juli 2011

Ujian gelombang II : Sabtu, minggu terakhir bulan Juli



SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU

Sistem pengambilan keputusan yang ada disesuaikan dengan sistem rekruitmen pada Universitas Gadjah Mada. Pertimbangan utama yang digunakan untuk memutuskan penerimaan mahasiswa baru adalah terkait dengan:

  1. Hasil nilai tes
  2. Indeks Prestasi Kumulatif calon mahasiwa
  3. Asal Perguruan Tinggi sebelumnya.


Alur keputusannya seperti terlihat pada Gambar A dan penjelasannya adalah sebagai berikut:

Pertama, mahasiwa calon pendaftar terbagi dalan dua golongan yaitu dengan sistem pembiayaan mandiri dan melalui BPPS, Beasiswa BPPS akan diusahakan oleh Pascasarjana yang diutamakan bagi calon mahasiwa yang berpredikat sebagai dosen. Mahasiwa yang tidak diterima BPPS dapat tetap melanjutkan pendaftaran dengan pembiayaan mandiri atau mengundurkan diri sebagai calon mahasiwa.

pendaftaran_s2


Gambar A. Alur Pendaftaran Beasiswa Mahasiswa Baru


Calon mahasiswa mendaftarkan diri secara online ke alamat DAA (daa.ugm.ac.id/daftar atau um.pasca.ugm.ac.id). Selanjutnya di DAA kelengkapan persyaratan yang ada diperiksa. Jika telah lengkap maka dokumen pendaftaran diserahkan kepada pihak Program Studi. Selanjutnya program studi mendata semua calon peserta ujuan dan selanjutnya mengadakan ujian masuk program studi sesuai ketentuan.


this bar save lives this bar save lives this bar save lives this bar save lives this bar save lives
×
×

Contact Us

hello@thisbarsaveslives.com